Lima Langkah Mendesain Praktis dengan Canva

Sejak memutuskan untuk meninggalkan sistem operasi Windows dan beralih ke Linux, sebenarnya saya agak kesulitan untuk membuat desain grafis sederhana. Biasanya saat saya membuat posting blog dan disertai gambar, saya selalu mengeditnya di aplikasi desain grafis yang hanya bisa berjalan di OS Windows saja. Saat beralih ke Linux, aplikasi Windows tentu saja tidak bisa diinstall, dan mau tak mau saya harus mempelajari aplikasi Linux seperti GIMP, Inkscape, dan lainnya. Dan karena mempelajari semua itu tidak mudah, saya mencari alternatif lain untuk desain grafis.

Kemudian, saya menemukan aplikasi online untuk mendesain grafis atau sekedar enhance file gambar juga foto yang saya miliki. Aplikasi tersebut bernama Canva. Selain penggunaan yang mudah, aplikasi ini juga dapat dipakai oleh mereka yang tidak terlalu jago desain grafis. Karena sudah ada template dan berbagai moodboard atau ide desain yang bisa dipakai sebagai acuan desain kita. Kita hanya tinggal mengganti teks atau latar belakang gambar dengan gambar yang kita inginkan. Ada berbagai jenis template desain, mulai dari desain untuk konten sosial media, sampul buku, sampul e-book, desain header blog atau header untuk sosial media, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas langkah-langkah penggunaan aplikasi Canva.

Sila disimak langkah-langkah desain grafis mudah dan praktis dengan Canva.

1. Buat Akun Canva
Karena aplikasi ini berbasis online, maka yang pertama harus dilakukan adalah membuat akun.

Tampilan Home Canva

Saat pertama kali mengunjungi situs Canva, akan muncul pop up yang mengharuskan kita untuk mendaftar. Kita bisa menggunakan akun facebook, google, atau mendaftar secara mandiri. Nah, di sini teman-teman bisa pilih mau daftar dengan akun apa. Kalau saya sih memilih untuk mengintegrasikan dengan akun Google supaya lebih mudah. Jika sudah punya akunnya, langsung login saja dengan menekan tombol “Log In” di bagian kanan atas website.

2. Masuk Dashboard Canva

Setelah login, kita akan langsung diarahkan ke dashboard Canva. Bagian ini semacam “home” dan memuat informasi seputar desain yang sudah kita buat, preview akun kita, dan kustomisasi folder desain. Di bagian kanan adalah halaman informasi template untuk memulai desain dan preview desain yang sudah pernah kita buat. Nah, untuk membuat desain baru, klik tombol hijau bertuliskan “Create a design”.

3. Pilih Template Kanvas
Kita bisa mulai mendesain dengan template yang sudah ada. Misalnya, kita ingin mendesain gambar untuk Instagram, maka pilih di kategori Instagram. Setelah diklik, kita akan diarahkan ke halaman desain, di mana sudah ada kanvas kosong berskala 1:1 (untuk instagram) yang siap dikustomisasi.

4. Pilih Template Desain
Ada ribuan template desain instagram dari yang free sampai yang bertanda $. Tanda tersebut, artinya kita hanya membayar untuk image saja sebenarnya, sedangkan template-nya tidak. Jadi, kalaupun kita mau memakai template itu dengan gambar yang diunggah sendiri dari komputer, maka tetap free karena kita tidak menggunakan gambar yang berbayar.

Tampilan Kanvas Desain

Nah, ada berbagai elemen yang ada di halaman ini untuk menghias kanvas desain kita. Mulai dari background, elements, fonts, images, patterns, dan lain sebagainya. Penggunaannya disesuaikan dengan imajinasi dan kreasi masing-masing saja. Tapi, kalau pusing memilih, kita bisa memakai template yang sudah ada dan menggantinya dengan gambar juga teks sendiri.

5. Save Gambar

Jika desain sudah selesai, di pojok kanan atas ada tombol “Share” dan “Download”. Pilihlah yang diinginkan. Jika ingin mengunduh desain yang sudah selesai, klik “Download”. Pilihan format gambar akan muncul. Setelah pilih salah satu, maka gambar pun akan di-generate otomatis dan mulai terunduh ke komputer kita.

Tampilan Download

Mudah kan mendesain konten visual dengan Canva? Aplikasi ini sangat membantu blogger atau content specialist yang kurang bisa mendesain. Ketika menulis suatu artikel dan membutuhkan gambar keren, Canva bisa jadi alternatif untuk mendesain gambar yang sesuai dengan artikel. Selamat mencoba untuk mengeksplorasi Canva! Jangan lupa share hasil desain kalian dengan berkomentar di sini ya.

***

Sumber: Artikel dibuat berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi saat membuat desain dengan Canva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *