Boot To Gecko (B2G): Open Web Dengan Kemungkinan Tak Terbatas Untuk Perangkat Mobile

Pada Maret 2012, Mozilla Foundation secara resmi mengumumkan peluncuran platform OS untuk perangkat mobile mereka yang disebut Boot to Gecko (B2G). Bagi yang ingin mengetahui perbedaan mencolok apa yang ada pada B2G, dibandingkan dengan OS Android dan iOS, B2G adalah Chrome OS bagi dunia mobile dan sudah pasti open source. Mozilla menyebut produk new-in-house mereka ini dengan, “Web sebagai platform untuk perangkat mobile”. B2G bisa menjalankan aplikasi web apa saja seperti Chrome OS, jadi jika kalian adalah pengembang situs web dan telah mengembangkan aplikasi web, kalian tidak perlu mengerjakan sesuatu yang baru karena aplikasi yang kalian bangun dapat dijalankan di B2G, segera setelah B2G diluncurkan ke pasaran.
Para pengembang web hanya harus menuliskan aplikasi web kecil untuk didaftarkan ke dalam aplikasi yang akan dipasang ke dalam homescreen B2G, seperti yang biasa dilakukan pada Google Chrome Browser dan Chrome OS agar aplikasi web dapat diunduh dari toko Google Chrome.
Fitur khusus lainnya yang berbeda, selain Web sebagai platform adalah tampilan interface (UX) yang disebut Gaia. UX ini sangat terbuka, sampai-sampai kita dapat melihat ke sourcecode HTML yang utama dari sebuah aplikasi web ketika kita menekan tombol, dan kita dapat melakukan kustomisasi tampilan itu untuk kebutuhan pribadi.
Apa yang membuat Gaia menarik salah satunya adalah karena semuanya dibangun dari HTML5, CSS dan Javascript. Sumber kode Gaia tersedia di GitHub dan semua dapat melihatnya sekarang juga untuk melakukan percobaan atau bahkan ikut berkontribusi terhadap perkembangan sumber kode program tersebut.
Gaia didesain untuk mendemonstrasikan fungsi, keandalan, dan potensi kreatif dari open web sebagai platform untuk perangkat mobile.
Gambar-gambar di bawah ini akan menunjukkan tur singkat mengenai Gaia, dan apa saja yang ada di dalamnya.
image credits: http://payload29.cargocollective.com/1/0/24332/2888526/b2g_screens_1_11_1000.jpg

image credits: http://payload29.cargocollective.com/1/0/24332/2888526/b2g_screens_2_1000.jpg

image credits: http://payload29.cargocollective.com/1/0/24332/2888526/b2g_screens_3_6_1000.jpg
Untuk prototip simulasi B2G yang sudah ada, silakan cari di youtube, karena di sini sulit attach video dari youtube, alias gagal terus. :)))
Nah, Mozilla rupanya sudah mengklarifikasi juga tentang B2G yang menghindari komponen Android utama, untuk menghindari masalah paten dan isu lisensi. Mozilla juga mengatur aliansi dengan Qualcomm dan Telefonica untuk menyediakan perangkat dengan harga ekonomis bagi pengguna di seluruh dunia.
Sepertinya, iOS dan Android akan mulai menapaki dunia persaingan yang lebih ketat di dunia perangkat mobile! :)))
*artikel diterjemahkan seadanya dari tautan berikut: http://www.ubuntubuzz.com/2012/03/boot-to-gecko-b2g-open-web-of-infinite.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *