Lima Platform Blog untuk Kamu Memulai Blogging

Weblog atau yang biasa disingkat sebagai blog adalah suatu situs yang menyajikan informasi atau diskusi, dan disebarkan melalui World Wide Web (WWW). Biasanya tampilan blog seperti model buku harian (atau disebut “posts”). Posts biasanya ditampilkan dengan kronologi terbalik, sehingga yang terbaru akan muncul di awal, pada bagian paling atas halaman blog. Hingga 2009, blog umum hanya dikerjakan perorangan atau oleh grup kecil, dan menyampaikan subjek informasi yang hanya satu tema atau topik. Mulai tahun 2010, “multi-author blogs” (MABs) telah terbentuk, dengan isi blog yang ditulis oleh jumlah besar penulis atau bahkan grup, dan bisa juga akun-akun suatu institusi yang menulis blog untuk menambah lalu lintas blog sehingga lebih ramai. Artikel yang ada dalam blog juga kini sudah disunting secara profesional. Kebangkitan Twitter dan sistem “microblogging” lainnya, membantu para MABs untuk menyebarkan informasi mereka ke khalayak yang lebih luas.

Kebutuhan dan pertumbuhan blog pada akhir 1990 sejalan dengan berkembangnya alat untuk menerbitkan web yang memfasilitasi pengiriman konten bagi pengguna non-teknis yang tidak punya banyak pengalaman dengan bahasa pemrograman HTML atau pemrograman lainnya. Sebelumnya, pengetahuan mengenai HTML dan FTP (File Transfer Protocol) mulai dibutuhkan untuk menerbitkan konten di situs Web, dan semakin berkembang lagi, kini pengguna Web malah bisa menjelma jadi hacker dan computer enthusiasts. Pada tahun 2010, mayoritas situs menjadi Web 2.0 yang interaktif, dapat mengizinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar pada situs web, dan interaktifitas inilah yang membuat Web 2.0 berbeda dengan situs web statis yang tidak terlalu interaktif. Dengan hal ini, blogging dapat dilihat sebagai salah satu layanan social networking. Dan blogger juga tidak hanya membuat konten blog, tetapi juga membuat relasi sosial dengan para pembaca dan blogger lainnya. Bagaimanapun, ada juga sih, blog yang tidak mengizinkan komentar di dalam blog.

Blog menyediakan berbagai konten dan topik, mulai dari politik hingga olahraga. Fungsi lainnya mungkin hanya sebagai “buku harian” personal namun online, dan lainnya mungkin sebagai bentuk promosi individu atau institusi tertentu. Blog biasanya merupakan kombinasi teks, gambar digital, dan tautan atau link ke blog lain, halaman web lain, atau media lain yang berhubungan dengan topik blog. Pengunjung dan pembaca yang dapat berkomentar di blog secara terbuka dan berinteraksi dengan komentator lainnya, adalah salah satu kontribusi penting terhadap popularitas blog. Tapi, penulis blog kadang melakukan filter dan moderasi terhadap komentar untuk menghapus komentar buruk atau konten yang mengganggu kenyamanan pembaca lainnya.

Kebanyakan blog hanya berupa teks, meskipun banyak juga yang berfokus pada seni (art blog), fotografi (photoblog), video (video blog atau “vlog”), musik (MP3 blog), dan audio (podcasts). Dalam dunia pendidikan, blog dapat digunakan untuk sumber atau materi pembelajaran. Blog pendidikan disebut sebagai edublog. Sedangkan, microblogging seperti Twitter dan Tumblr merupakan tipe lain dari blogging, yang berisi post atau artikel pendek dan biasanya terbatas hanya 100 – 600 karakter saja.

Terhitung sejak Februari 2011, ada 156juta blog publik yang masih aktif dengan berbagai platform atau tempat blogging. Nah, sekarang mari simak beberapa platform blog yang bisa teman-teman coba untuk memulai blogging.

1. WordPress

Tampilan WordPress Blog

WordPress merupakan platform blogging atau yang disebut CMS (content management system) berbasis open source, dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. WordPress ini bisa dibuat tanpa upload aplikasi CMS ke penyedia layanan hosting, dan teman-teman bisa langsung memulai blog melalui WordPress.com. Sedangkan, jika ingin mengunggah ke hosting milik sendiri atau yang sudah teman-teman sewa, aplikasi WordPress dapat diunduh melalui WordPress.org. Dengan begitu, teman-teman dapat membuat tema sendiri dan mengkustomisasi situs blog sesuai keinginan.

2. Blogger

Tampilan Dashboard Blogger

Bagi yang memiliki akun Google, akun tersebut dapat langsung dipakai untuk mendaftar dan login, karena Blogger sudah terintegrasi dengan akun Google. Blogger ini mudah digunakan, dan saya sendiri sudah lama memakai blogger. Sekarang bahkan sudah ada tema baru dari Google sendiri, dan Blogger dapat memakai tema yang diunggah secara bebas dalam format XML. Untuk komunitas pengguna situs ini juga sudah banyak, jadi teman-teman bisa mengikuti dan berinteraksi di sana.

3. Tumblr

Tampilan Tumblr

Tumblr adalah platform microblogging yang memudahkan teman-teman untuk melakukan post sesuai dengan keinginan, karena ada berbagai kategori post yang disediakan oleh Tumblr, mulai dari teks, post gambar saja, quotes, video, link, bahkan musik. Tumblr biasanya digunakan untuk menampilkan portofolio, misalnya saja portofolio fotografer atau seniman, karena bisa melakukan posting hanya untuk elemen tertentu. Misal untuk fotografer, hanya posting hasil fotografi mereka saja, dengan caption. Tumblr juga lebih ringan daripada WordPress atau Blogger.

4. Livejournal

Tampilan Livejournal

Platform blog satu ini banyak digunakan oleh komunitas, biasanya komunitas film, buku, anime, komik, dan komunitas lain. Pengguna Livejournal di Indonesia mungkin tidak sebanyak WordPress dan Blogger, namun situs ini paling banyak dicar, misal untuk mendapatkan informasi download subtitle film, atau informasi tentang film terbaru di Jepang yang akan rilis. Komunitas yang ada juga sudah mendunia dan tidak sebatas Indonesia saja, jadi teman-teman bisa berinteraksi dengan lebih luas lagi sampai ke ranah mancanegara.

Tampilan Beranda Medium

Medium adalah platform penerbitan online yang dibuat oleh co-founder Twitter, Evan Williams. Medium menjadi contoh jurnalisme sosial, dengan kumpulan amatir maupun profesional dalam dunia publikasi, atau blog eksklusif dari para publishers. Awalnya, Medium dibuat untuk menerbitkan cerita dan dokumen yang lebih panjang daripada 140 karakter Twitter. Namun, Medium akhirnya berkembang lebih luas dan menjadi platform terpisah dari Twitter.

Medium biasanya digunakan oleh penulis yang ingin mengembangkan relasi dan komunikasi, juga ingin membagikan cerita mereka pada pembaca yang mobile. Medium sudah memiliki aplikasi tersendiri untuk mobile phone sehingga bisa dibaca oleh siapa pun dan dimana pun tanpa harus membuka personal komputer.

Jadi, platform apa yang teman-teman pilih? Silakan eksplorasi dan mulai menulis blog sendiri sesuai minat dan kebutuhan teman-teman ya. Selamat mencoba!

***

Sumber: Artikel dibuat berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi selama blogging sejak 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *