Pindah Direktori Pada Linux dengan Perintah ‘cd’

Perintah cd (change directory) pada Linux mungkin menjadi salah satu perintah paling penting dan yang paling sering digunakan oleh pemula maupun system administrator yang sudah lebih advance, selain perintah ls. Untuk para admin yang menggunakan server tanpa grafik, cd adalah satu-satunya cara untuk melihat direktori, melihat log file, eksekusi program/aplikasi/script dan hampir digunakan untuk melihat isi direktori. Bagi pemula, perintah ini rata-rata digunakan untuk memulai dunia Linux dan awal memasuki terminal Linux.
Karena perintah ini sangat berfungsi, pada artikel kali ini saya coba menampilkan beberapa perintah cd dengan beberapa shortcut dan trik untuk mengurangi rasa sulit yang ditimbulkan dalam memulai penjelajahan di terminal dan menggunakan waktu secara efisien dengan trik ini.

1. Pindah dari lokasi awal ke suatu direktori, misal /usr/local.  

2. Pindah dari lokasi awal (misalnya /usr/local) ke folder lib.

 
3. Pindah satu direktori ke atas direktori di mana lokasi awal berada (misal dari /usr/local/lib ke /usr/local)

4. Berpindah ke parent directory. 
 

5. Pindah ke atas dua direktori dari lokasi saat ini.

6. Pindah ke home direktori user dari manapun.

7. Pindah direktori dengan menekan tab. 
Menekan tab saat input nama folder setelah perintah cd, akan membantu dalam mencari nama folder yang sesuai. Tekan terus tombol tab pada keyboard hingga menemukan nama direktori yang diinginkan.

8. Berpindah ke suatu direktori dan menambah * jika lupa nama direktori.
Direktori akan berpindah ke direktori awal yang dimulai dengan ‘v’ secara alfabet jika ada lebih dari 1 direktori berawalan huruf tersebut.

  
9. Berpindah ke direktori yang memuat spasi. 

10. Berpindah ke suatu direktori sekaligus listing file.

  
Sekian dahulu perintah cd kali ini sebagai permulaan untuk mengetahui environment “change directory” pada terminal. Jika ada yang ingin menambahkan atau memberi feedback, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *