Upgrade Versi Ubuntu ke Versi Terbaru 14.04 (Trusty Tahr)

gambar dari sini
Versi Ubuntu 14.04 sudah rilis dan teman-teman ingin memperbaharui Ubuntu teman-teman? Caranya mudah sekali, lho! Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan beberapa tahapan mudah (namun beresiko), untuk memperbaharui sistem operasi teman-teman dari Ubuntu lama ke Ubuntu versi terbaru (14.04 Trusty Tahr).
Jadi, pertama kali  yang harus dilakukan adalah melakukan back up data penting kita. Kan nggak lucu juga, nanti kita berhasil upgrade, ternyata ada langkah yang salah dan menyebabkan data penting hilang. Sudah senang-senang upgrade ke versi baru, tahunya data kita hilang semua. :))
Nah, makanya, back up itu penting untuk segala suasana. Baik back up sisa pekerjaan, coding, dan apapun itu. :v
Lalu, jika sudah melakukan back up, mulailah masuk ke console favorit kita semua di Ubuntu yaitu, TERMINAL. Hehehe. Itu lho, yang icon-nya ada kayak begini >_
Asumsinya, semua perintah yang dijalankan di dalam terminal itu berjalan di bawah root. Jika tidak tahu bagaimana cara root di terminal, silakan googling dulu saja ya. Saya hanya akan menjelaskan langsung ke pokok bahasan utama di posting kali ini.
Okay.
Sudah masuk terminal dan sudah root. Kita mulai saja.
Pertama, cek dulu informasi rilis dan sistem (untuk melihat kernel), dari sistem kita. Ketikkan saja perintah yang dicetak tebal berikut ini.
root@brianstorm-PC:~# uname -mrs
root@brianstorm-PC:~# lsb_release -a

Dan sampel output akan seperti ini:

Linux 3.2.0-51-generic x86_64
No LSB modules are available.
Distributor ID: Ubuntu
Description: Ubuntu 12.04.4 LTS
Release: 12.04
Codename: precise


Sekarang, kita mulai masuk ke langkah upgrade. Bagaimana cara melakukan pembaharuan dari versi Ubuntu kita yang lama ke yang baru (14.04)? Nah, di artikel ini, saya memakai Ubuntu 12.04 atau Precise Pangolin. Langkahnya, ketikkan perintah yang tercetak tebal seperti di bawah ini.
root@brianstorm-PC: ~# apt-get update
root@brianstorm-PC: ~# apt-get install update-manager-core

Setelah itu, ketikkan perintah berikut, untuk melakukan upgrade ke rilisan Ubuntu terbaru.
root@brianstorm-PC:~# do-release-upgrade

Perintah tersebut akan melakukan upgrade Ubuntu ke yang terbaru. Kita harus melihat terus prosesnya karena akan ada instruksi yang diminta, seperti beberapa instruksi terkait aplikasi server (kalau kita menginstallnya) dan instruksi pengubahan jaringan.
Upgrade tampil sebagai ‘upgrade yang gagal?


Mungkin setelah melakukan upgrade, kita akan menemukan output seperti di bawah ini.

Checking for a new Ubuntu release
No new release found


Jika terjadi hal seperti itu, jangan khawatir. Itu berarti, kita harus melakukan forcing alias pemaksaan pada sistem upgrade. 

Namun, perhatian! Metode ini akan melakukan pengecekan terhadap sistem upgrade yang masih BETA alias unstable. Jadi, resiko apapun, tanggung sendiri.

Nah, kalau sudah menerima segala resiko, siap-siap untuk melakukan pemaksaan upgrade dengan perintah berikut ini.
root@brianstorm-PC:~# do-release-upgrade -d <<< Opsi -d ini yang akan melakukan pemaksaan pada upgrade

Nah, sampai sini, kita tinggal menunggu proses upgrade selesai dan melewatkan beberapa jendela upgrade yang membutuhkan konfirmasi kita, seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi (mengenai instruksi instalasi dan persetujuan pengguna pada saat instalasi).
Saya menghabiskan waktu sekitar 40 menit untuk melakukan upgrade, dengan instalasi paket baru dan unzip paket-paket tambahan selama satu jam. Kebetulan, waktu itu koneksi di kantor sedang tak stabil-stabil amat. Jadi, kalau memang ada yang upgrade-nya lama, ditunggu saja. Mungkin hanya koneksinya yang sedang tak stabil. Karena, kalau kita sedang upgrade dan tidak sabar menunggu, lalu kita matikan laptop atau kita force quit, kemungkinan besar akan terjadi error pada sistem maupun kernelnya yang belum terinstall secara sempurna.
Nah, kalau sudah selesai, reboot komputer/laptop teman-teman.
root@brianstorm-PC:~# init 6 <<< bisa juga dengan perintah reboot, tapi saya lebih suka ini sih

Jika sudah dilakukan reboot, kita verifikasi lagi rilisan Ubuntu kita. Bisa dengan terminal, maupun langsung ke System Settings >> Detail.
tampilan informasi rilis
tampilan desktop saya
ada Benedict Cumberbatch-nya, maaf ya :3
Nah, bagaimana? Mudah kan?
Okay, segitu dulu aja ya posting kali ini. Habis bingung juga mau ngisi apa, jadinya info ini aja. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah bersedia mampir! 😀
Salam, open source!
Linux for human being…

[a.w.]

0 thoughts on “Upgrade Versi Ubuntu ke Versi Terbaru 14.04 (Trusty Tahr)

  1. Hallo sobat…perkenalkan saya PrasDwi.
    saya coba update ubuntu 12.04 ke 14.04 proses sudah sampai download selesai dan masuk tahap update bbrp aplikasi (istilahnya g bgitu hafal..maklum newbie). Saya coba shutdown laptop krn bs dilanjutkan esok hari. Tp stelah sy nyalakan laptopnya, hanya sampai tampilan shell aja ( masuk ke root).
    Sy cek dengan lsb_release sdh di 14.04
    Langkah apa yg hrs saya lakukan selanjutnya?

  2. Hai Mas! Kalau hanya masuk root, itu ada error di guinya atau desktop environmentnya, dalam hal ini pakai unity. Untuk install guinya, dapat dicoba dengan command ini (run as sudo dulu, atau root):

    apt-get purge gnome
    apt-get update
    apt-get install –reinstall ubuntu-desktop
    reboot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *